NEWSTICKER

Anggota Bawaslu Kabupaten Puncak Diduga Terafiliasi OPM

Bawaslu. Foto: MI/Susanto.

Anggota Bawaslu Kabupaten Puncak Diduga Terafiliasi OPM

Media Indonesia • 1 September 2023 14:27

Jakarta: Seorang anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Puncak, Papua Tengah, bernama Guripa Telenggen diduga terafiliasi Organisasi Papua Merdeka (OPM). Laporan ini ditindaklnjuti Bawaslu tingkat pusat.

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja mengatakan sedang mengecek dugaan Guripa terafiliasi OPM. Bawaslu sudah menyurati kepolisian dan Badan Intelijen Negara (BIN) pada Rabu, 30 Agustus 2023.

"Belum ada balasan dari BIN dan Mabes Polri. Kan harus dipastikan yang bersangkutan terlibat atau tidak," kata Bagja saat dikonfirmasi, Jumat, 1 September 2023.

Bagja meminta Kepala BIN dan Kapolri untuk memberikan kebenaran atas laporan Guripa yang diduga menjadi anggota OPM. Selain terhadap dua instansi tersebut, Bawaslu juga akan meminta klarifikasi terhadap Guripa secara langsung.

"Orang itu (Guripa) harus ditanya. Jadi ketika dituduh, maka seseorang itu harus mengklarifikasi," jelas Bagja.

OPM diduga menyusupi penyelenggaraan Pemilu 2024. Dugaan itu mengemuka setelah Baawaslu melantik Guripa Telenggen, sebagai anggota Bawaslu Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah, periode 2023-2028.

Guripa dilantik bersama 1.912 anggota bawaslu kabupaten/kota pada Sabtu, 19 Agustus 2023. Terpilihnya Guripa sebagai anggota Bawaslu Kabupaten Puncak termaktub dalam surat pengumuman Bawaslu bernomor 2571.1/KP.01.00/K1/08/2023 yang ditandatangi langsung oleh Bagja

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Metrotvnews.com

(Arga Sumantri)