NEWSTICKER

2 Anggota KKB Tewas dalam Penggerebekan di Yahukimo

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo/Medcom.id/Siti/Humas Polda Papua

2 Anggota KKB Tewas dalam Penggerebekan di Yahukimo

Siti Yona Hukmana • 1 August 2023 18:10

Jakarta: Polisi gerebek Markas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Yahukimo, Papua Pegunungan. Penggerebekan dilakukan usai kelompok separatis itu menembak Pos Brimob Polda Papua BKO Polres Yahukimo di Jalan Paradiso Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, pada Senin, 31 Juli 2023.

"Setelah kejadian penembakan yang dilakukan oleh KKB wilayah Yahukimo terhadap Pos Brimob Polda Papua BKO Polres Yahukimo, personel gabungan langsung melakukan penyisiran di seputaran Kota Yahukimo," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo dalam keterangan tertulis, Selasa, 1 Agustus 2023.

Ignatius mengatakan saat melakukan penyisiran di wilayah Kompleks Pasar Baru Kota Dekai, aparat menangkap satu orang terduga anggota kelompok KKB wilayah Yahukimo berinisial AS. Polisi memeriksa AS terkait penyerangan Pos Brimbob Polda Papua.

Kemudian, polisi mendapatkan informasi bahwa AS melihat dua pelaku yang melakukan penyerangan terhadap Pos Brimob Polda Papua BKO Polres Yahukimo. AS juga mengaku tahu lokasi markas KKB wilayah Yahukimo.

Personel gabungan langsung menyergap markas KKB di dalam hutan belakang Kantor Bupati Yahukimo pukul 11.55 WIT, Selasa, 1 Agustus 2023. Dalam penggerebekan itu, terjadi baku tembak antara aparat kepolisian dengan KKB.

"Kontak senjata berhasil melumpuhkan dua orang KKB, setelah dilakukan olah TKP selanjutnya jenazah dibawa ke RSUD Dekai untuk divisum dan diidentifikasi untuk mengetahui identitas kedua orang KKB pelaku penyerangan Pos Brimob tersebut," ujar Ignatius.

Akibat kontak tembak tersebut, seorang personel Satgas Aman Nusa, Bharatu Jogianus Riko mengalami luka tembak di bagian paha sebelah kiri. Namun, masih alam keadaan sadar dan tengah menjalani perawatan di RSUD Dekai.

"Personel Gabungan mengamankan beberapa barang bukti di TKP antara lain enam pucuk senjata api rakitan beserta amunisi, 60 anak panah, enam parang dan satu buah kapak," beber Ignatius.

Polres Yahukimo dan Satgas Damai Cartenz disebut terus melakukan penyelidikan. Guna mengungkap jaringan KKB wilayah Yahukimo.

Untuk diketahui, KKB menyerang Pos Brimob Polda Papua BKO Polres Yahukimo pada Senin, 31 Juli 2023 pukul 23.40 WIT. Penyerangan dilakukan dengan menembakkan senjata api dari arah samping kiri Pos Brimob tersebut.

Tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut. Situasi di Kota Dekai Kabupaten Yahukimo juga dipastikan telah aman dan kondusif pascakejadian.

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Metrotvnews.com

(M Sholahadhin Azhar)