NEWSTICKER

Ini Daftar Kandidat KSAD Pengganti Jenderal Dudung

KSAD Jenderal Dudung Abdurrachman. Foto: Medcom.id/Christian

Ini Daftar Kandidat KSAD Pengganti Jenderal Dudung

Fachri Audhia Hafiez • 26 July 2023 08:53

Jakarta: Anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin menilai terdapat tiga kandidat yang berpeluang menggantikan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Dudung akan pensiun dari kedinasan militer pada 1 Desember 2023.

"Siapa kira-kira penggantinya tentu yang memenuhi persyaratan. Ada tiga perwira tinggi berpangkat Letjen di TNI AD saat ini yang berpotensi masuk dalam bursa kandidat KSAD," kata Hasanuddin melalui keterangan tertulis, Rabu, 26 Juli 2023.

Ketiga kandidat itu meliputi Pangkostrad Letjen Maruli Simanjuntak. Ia lulus Akademi Militer 1992, kelahiran 24 Februari 1970, dan bakal pensiun 1 Maret 2028.

Kemudian, Wakil KSAD Letjen Agus Subiyanto. Ia lulusan Akmil 1991, lahir 5 Agustus 1967, dan pensiun 1 Sep 2025.

Berikutnya, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Suharyanto. Ia lulusan Akmil tahun 1989, lahir 8 September 1967, dan pensiun 1 Oktober 2025.

Dari ketiga jendral tersebut, Suharyanto paling senior. Hasanuddin memprediksi Suharyanto yang paling berpeluang menjadi KSAD.

"Kalau dari track record memang ketiga perwira ini sama-sama mumpuni dan berpeluang menduduki jabatan KSAD karena pernah menjabat di beberapa satuan komando, kesatuan teritorial, dan tempat lain. Hanya saja, Suharyanto ini lebih senior dan sebagai Kepala BNPB memiliki pengalaman teritorial yang lebih dari yang lain. Sehingga, paling berpeluang menjadi KSAD," ujar Hasanuddin.

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Metrotvnews.com

(Anggi Tondi)

Tag